News

Ganjar Pranowo : Pembangunan IKN Harus Libatkan Masyarakat Adat

Rahman Hasibuan - 07/12/2023 23:44

Beritacenter.COM - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur harus melibatkan masyarakat adat setempat. Hal itu dilakukan agar ibu kota baru tidak akan menggerus budaya dan masyarakat adat setempat.

"Proses ini cukup panjang, maka kita harus libatkan mereka (warga lokal dan warga adat)," ujar Ganjar saat berkunjung di IKN, Kamis (7/12/2023).

Ganjar mengatakan dalam perlibatan masyarakat setempat dilakukan dalam jangka panjang. Ia juga menilai warga lokal berhak mendapatkan akses kemudahan pendidikan dan kesehatan.

"Maka tadi saya tanya ada 30% warga lokal bekerja di sini. Mereka harus terlibat dan diberi akses pendidikan agar kelak nanti menjadi tuan rumah di sini. Agar setara dengan yang lain dan selebihnya kasih afirmasi," terangnya.

Ganjar menuturkan IKN adalah masa depan dan harapan baru bagi generasi muda. Capres yang diusung Partai Perindo ini berkata, IKN akan menjadi pusat ekonomi hijau dan ekonomi digital yang menghadirkan banyak lapangan kerja serta kesempatan usaha yang baru.

"IKN ini adalah cerita masa depan Indonesia, cerita modernitas, cerita kemajuan peradaban, cerita partisipasi, cerita ekonomi hijau, industri kreatif, industri digital dan masa depan anak-anak. Maka inilah transformasi Indonesia yang diwujudkan dalam satu area," tandas Ganjar.

TAG TERKAIT :
Berita Center Ganjar-Mahfud Ganjar di IKN

Berita Lainnya