News

Ganjar Pranowo Yakin TNI - Polri Netral di Pilpres 2024

Rahman Hasibuan - 08/12/2023 18:08

Beritacenter.COM - Calon Presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo yakin netralitas TNI - Polri dalam mengawal kontestasi Pilpres 2024. Meski ada beberapa yang menciderai sikap aparat penegak hukum di berbagai wilayah dan banyak mendapatkan respon baik oleh publik.

"Kita selalu optimis apapun yang terjadi," tutur Ganjar di Gedung Smesco, Jakarta Selatan, Jumat (8/12/2023).

Seperti yang kita ketahui, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menanggapi adanya dugaan intimidasi dari polisi terhadap seniman Butet Kartaredjasa dan penulis naskah teater Agus Noor, saat menggelar pertunjukan bermuatan satir politik di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada Jumat 1 Desember 2023. Dia pun khawatir terwujudnya neo orba sebagaimana yang dibahas masyarakat.

"Ya politik itu kan luas, ada politik kebudayaan, itu kan suatu ekspresi, termasuk politik melalui kebudayaan juga menyampaikan sarana kritik dan otokritik," tutur Hasto kepada wartawan, Rabu (6/12/2023).

Hasto menyayangkan peristiwa tersebut di tengah tahun politik, terlebih dalam momen Pilpres dan Pemilu 2024. Sudah seyogyanya semua pihak dapat memahami esensi dari suatu gelaran acara, terlebih bagi aparat penegak hukum.

"Sehingga dari kami sangat menyayangkan hal-hal larangan seperti itu seharusnya tidak perlu dilakukan. Itu suatu tindakan yang berlebihan, suatu campur tangan dalam ranah kebudayaan, yang seharusnya tidak perlu, sehingga ini memperkuat apa yang disampaikan masyarakat, terjadinya suatu fenomena kenyataan bagaimana neo orba itu kembali hadir," kata Hasto.

 

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Ganjar Pranowo Pilpres 2024 Ganjar Pranowo Yakin TNI Polri Netral di Pilpres 2024

Berita Lainnya