Politik

Hore, Uang KJP Dapat Izin Untuk Dibuat Beli Baju Lebaran Hari Raya

Indah Pratiwi - 29/06/2016 15:52

Beritacenter.COM - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengizinkan fasilitas Kartu Jakarta Pintar (KJP) digunakan oleh siswa untuk membeli baju Lebaran.

"Menjelang Hari Raya Idul Fitri, boleh saja kalau KJP itu digunakan oleh siswa-siswi untuk membeli baju Lebaran, tidak ada salahnya," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu(29/6).

Meskipun demikian, menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, dana KJP tersebut hanya boleh digunakan dengan sistem transaksi nontunai, seperti transaksi yang sudah pernah sebelumnya.

"Kalau memang masih ada sisa dana KJP dan seluruh transaksi pembelian baju Lebaran itu dilakukan dengan sistem nontunai (non cash transaction), ya boleh-boleh saja," ujar Ahok.

Dia menuturkan apabila transaksi tidak dilakukan secara nontunai, dikhawatirkan nantinya akan banyak pembelian yang menggunakan kwitansi palsu sebagai laporan pertanggung jawaban.

"Dalam sistem yang sebelumnya, ketika transaksi masih dilakukan secara tunai, banyak sekali laporan berupa kwitansi palsu. Tentu saja kami tidak ingin kejadian itu terulang lagi," tutur Ahok.

Apabila menggunakan transaksi non tunai, sambung dia, maka seluruh transaksi dapat diketahui dan ditelusuri karena data-datanya terekam dengan baik melalui sistem perbankan.

"Intinya, kami memberikan dana KJP dan menerapkan sistem non tunai untuk segala transaksinya karena kami ingin mengajarkan siswa-siswi untuk menabung dan berhemat. Apalagi, barang-barang yang bisa dibeli dengan KJP itu jumlahnya terbatas," ungkap Ahok

Berita Lainnya